Informasi seputar teknologi di industri semen

loading...

Wednesday, November 22, 2017

Pengisian Semen Curah (cement bulk)

Setelah pembahasan mengenai DISPATCH Area . artikel nya di Disini
Maka kita akan melanjutkan ke tahap pengemasan.Di tahap ini 2 cara mengemasan.tergantung tiap customer yang meminta.apa itu semen curah (cement bulk) atau semen sak .

Kali ini kita akan bahas pengisian semen curah sampai selesai.
Setelah semen di tampung pada semen silo yang sudah kita bahas,maka kali ini semen tersebut akan di alirkan melalui air slide menuju bin bin pengisian.atau di sebut BIN semen curah(bin bulk ,maaf bukan nama orang) atau BIN Packer.khusis di bin packer ini nanti kita kupas seperti teori kupas bawang hehe.biar lebih mengerti.nanti ya...!!
Lanjut...
Semen yang telah di alirkan melalui air slide tadi akan masuk ke bin bulk . biasanya bin bulk ini terdiri dari 3 line.
Misal line 1 Dan 2 semen OPC
Dan di line 3 semen PCC.
Isi dari bin bulk tersebut biasanya bervariasi tergantung dari pihak kontraktor dan persetujuan pembuat pabrik.nah di tempat saya saat ini untuk bin bulk itu terdiri dari;
Bulk Overal Capasity: 300 ton
Dan Availability Capacity: 250 ton.
Dan mari kita intip tahap-tahap pengisian semen ke mobil HI-BLOW (tank)di atas gambarnya..promosi semen garuda ..haha.

Cekidot..
- Mobil memasuki area loading sesuai permintaan customer, biasanya sopir setelah menimbang kosong tonase mobil akan mendapatkan surat DAN(Delivery Notice) dan selanjutnya mengisi area pengisian (line bulk) semen curah.
- setelah mobil berada di jembatan timbang semen curah (cement bulk) maka Operator pengisian langsung mensterilkan area,Diman tidak ada sopir dan kernet berada di dalam.agar berat muatan sesuai yang ada pada Deliver notice tadi.
- setelah tahapan selanjutnya sesuaikan main hole(lubang pengisian di mobil) ke arah teleskopik.
(Teleskopik adalah alat semacam selang elastis bisa di ulur.)
- Operator siap menjalani pengisian cukup hanya dengan menekan tombol pengisian.
Secara otomatis pengisian akan dimulai dan berhenti setelah sesuai DN tadi.
- pemasangan seal dilakukan untuk menghindari mobil kentut..hihi....alias mengindari sopir yang curang.
Nah setelah pengisian berjalan lancar..maka sopir akan meninggalkan area pengisian semen curah.melanjutkan ke Delivery section.
Rilis surat jalan dan siap di distribusikan ke customer.
Tidak begitu banyak membutuhkan tenaga..dan katanya Bekerja di pabrik semen itu berdebu..hmmz..gak kok..
Debu itu biasa terjadi ketika ada over load dan adanya alat yang malfungsi.
Safety first memang harus jadi no 1.
Simak terus ya..

No comments:

Post a Comment